Cara Mengetahui Password Wifi Orang Lain

3 min read

Saat kamu di rumah ataupun pergi keluar seperti ke kantor, warung makan, cafe, hotel, rumah sakit maupun supermarket pasti anda menemukan koneksi wifi. Akses wifi merupakan hal yang mudah ditemui pada zaman sekarang, tapi sayangnya tidak semua akses diberikan secara gratis, kebanyakan pemilik wifi akan mengunci dengan memberikan password pada wifinya.

Nah, Maujual punya cara nih untuk mengetahui password wifi yang dikunci, eits tapi jangan berpikiran negatif dulu ya, cara ini digunakan untuk tujuan yang benar seperti ketika kamu lupa password wifi kamu atau sedang berpergian tiba-tiba paket data kamu habis.

Caranya gimana? Yuk langsung disimak di bawah ini

Cara mengetahui password wifi

1. Memakai Konfigurasi IP Address

Image via Mozillablog

Cara ini cukup sering digunakan jika ingin mengetahui password sebuah wifi. Pertama-tama kamu harus menyalakan koneksi wifi kamu di Hp ataupun di laptop kamu lalu akan terlihat jaringan wifi yang tersedia di sekitar kamu.

Setelah muncul list wifi apa saja yang ada di sekitar kamu, lalu kamu pilih jaringan dengan nama @wifi.id. Biasanya setelah kamu pilih akan muncul pop-up meminta kamu untuk memasukan username dan password lalu kamu akan diarahkan ke halaman mode Modify Network Configuration.

Dalam halaman tersebut, kamu harus mengganti IP Address kamu, dalam settingan default IP Address adalah 192.168.1.1 lalu kamu ubah menjadi 192.169.1.2.

Jika IP Address kamu sudah kamu ganti, lalu masuk ke browser dan tuliskan http//:192.168.1.254 di kolom address di bagian atas browser kamu lalu klik enter.

Kamu akan masuk ke halaman login, dalam halaman ini kamu masukan username dan password dengan memilih kata ADMIN dalam kolom username dan password lalu klik login. Jika berhasil, cari bagian Pengaturan dan cari Wifi untuk melihat username dan password yang sebenarnya yang dapat kamu gunakan untuk masuk ke dalam koneksi internet @wifi.id 

2. Memakai Command Prompt di Laptop

Image via pemmzchannel.com

Cara yang satu ini harus menggunakan laptop untuk mengaksesnya, seperti cara sebelumnya kamu harus menyalakan koneksi wifi kamu terlebih dahulu untuk mencari koneksi wifi yang ada di dekat kamu.

Setelah itu, kamu harus menjalankan Command Prompt atau CMD dengan menekan tombol Windows + R, dan tulis CMD di dalamnya. Jika sudah, kamu akan memasuki halaman CMD dengan ciri khas berlatar hitam.

Ad

Lalu kamu masukan perintah dengan menuliskan ‘netsh wlan show profiles’ dan tekan enter. Jika sudah, akan muncul nama jaringan-jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop kamu. Lalu masukan perintah netsh wlan show profiles name key=clear.

Jika sudah, akan muncul data-data dari jaringan yang kamu pilih seperti passwordnya. Password tersebut dapat kamu temukan di dalam ‘Key Content’. Jika sudah kamu temukan, lalu masukan password di koneksi yang ingin kamu gunakan.

3. Memakai Akses Menu Network and Internet

Image via microsoft

Cara ini juga mengharuskan kamu menggunakan laptop untuk melakukannya, yaitu dengan masuk ke menu Network and Internet yang dapat kamu temukan di Control Panel.

Di dalam Control Panel, carilah menu Network and Internet, kemudian masuk ke menu Network and Sharing Center, dalam menu tersebut, kamu akan depat mengetahui jaringan apa saja yang pernah terkoneksi dengan laptop kamu.

Kamu bisa pilih jaringan mana yang ingin kamu lihat passwordnya dengan mengklik nama jaringan tersebut. Setelah itu akan muncul detil informasi wifi seperti security type, encryption type dan network security key.

Di dalam network security key kamu masih melihat password berbentuk titik-titik yang tidak bisa dibaca, kamu hanya perlu mencentang show characters untuk mengubah titik-titik menjadi huruf. Setelah itu kamu akan mendapatkan password dari wifi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. Newsphere by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari Maujual - Blog

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca