Handphone Refurbished dan Bedanya dengan Handphone Original

2 min read

Selain handphone keluaran official yang kamu beli di toko atau distributor official, ada jenis-jenis handphone lain yang kerap kali menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan handphone model tertentu tetapi dengan harga yang jauh lebih murah, salah satunya yaitu handphone refurbished. 

Apa itu Handphone Refurbished?

Handphone refurbished sendiri adalah handphone resmi dan baru yang pernah dibeli seseorang, kemudian dikembalikan karena adanya cacat fungsi atau layar dan diperbaiki oleh produsen atau pengecer untuk dijual kembali ke pasar. Biasanya handphone yang mengalami malfungsi atau cacat ini akan diperbaiki dengan suku cadang resmi hingga memenuhi standar, tidak jarang juga ditambahkan dengan beberapa modifikasi yang membuat harganya akan relatif lebih rendah dari keluaran terbaru yang official. Sehingga bisa dibilang, handphone refurbished masih merupakan modifikasi resmi dari handphone tertentu yang membuat fungsinya tidak akan jauh berbeda dari yang original.

Selain itu, handphone refurbished juga dikemas dengan box yang mirip seperti keluaran terbaru, Sehingga terkadang butuh ketelitian dalam membedakan keduanya, karena meskipun sama-sama berasal dari produsen resmi, tentu akan ada perbedaan dari segi kualitas. Sehingga perlu ketelitian dalam membedakan handphone refurbished dan original.

Cara Membedakan Handphone Refurbished dengan Original

Handphone refurbished dan original dibedakan berdasarkan jenis handphone yaitu Apple atau Android. Untuk produk Apple refurbished biasanya akan terdapat label pada kotaknya dengan tulisan “Apple Certified Pre-owned” atau “Apple Certified Refurbished”. Namun jika kamu ingin lebih yakin, kamu bisa mengeceknya berdasarkan nomor model:

  • Jika nomor model berawal dari M, maka produk tersebut adalah keluaran asli dan dibeli dari toko atau distributor official Apple
  • Jika nomor model berawal dari F, maka produk tersebut adalah hasil refurbished dari Apple ataupun pengecer.

Untuk produk Android terdapat beberapa cara yang dibedakan dengan keluaran lama yang merupakan versi di bawah Android 4.0 dan keluaran terbaru yaitu Android 4.0 ke atas:

  • Untuk Android versi lama, kamu dapat membuka menu “Telepon” dan tekan ##786 atau #*#786#*#. Selanjutnya akan terbuka layar RTN dan kamu bisa mengetuk tombol “Lihat”, lalu scroll ke bawah untuk melihat status rekondisi. Jika entri status adalah “Ya”, maka handphone kamu telah diperbaharui atau masuk kategori refurbised. Namun, jika “Tidak” maka handphone kamu adalah pabrikan baru dan original.
  • Untuk Android versi baru, kamu harus menggunakan aplikasi tambahan yang dapat diunduh melalui Google Playstore seperti PHONE INFO. Kamu hanya perlu input nomor serial dan melihat bagian “tentang”. Di sana kamu akan melihat status handphone-mu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bedanya handphone refurbished dengan original. MauJual dari Laku6 menyediakan berbagai handphone secondhand original yang harganya tidak jauh berbeda hasil refurbished untuk berbagai model yang kamu inginkan. Kamu bisa kunjungi Laku6 Marketplace di Tokopedia, Shopee dan Website Beli Laku6, untuk melihat katalog dari handphone secondhand asli dan berkualitas. Jika kamu membutuhkan dana, kamu bisa menjual handphone lama kamu melalui  maujual.com!

Oleh: Annisa Putri Nindya

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. Newsphere by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari Maujual - Blog

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca