Integrasi Aplikasi dan Data dengan Cloud Storage: Apa Manfaatnya?

3 min read

Masifnya perkembangan ekosistem digital mendorong kebutuhan penyimpanan file semakin penting. Saat ini banyak orang tidak lagi menggunakan flashdisk, disket atau CD karena dinilai kurang praktis dan mudah hilang, sementara penyimpanan internal bawaan dari perangkat yang digunakan seperti laptop atau handphone bersifat terbatas. Cloud storage kemudian hadir sebagai layanan penyimpanan alternatif untuk menyimpan berbagai jenis data. Bagaimana cara kerja cloud storage dan apa keunggulan menggunakannya?

Apa itu Cloud Storage dan Fungsinya?

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data berbasis online yang terkoneksi dan dapat diakses dengan jaringan internet. Layanan ini disediakan oleh perusahaan jasa cloud computing yang menjamin keamanan dan penyimpanan data berbasis server sehingga terhindar dari resiko kehilangan atau terkena virus atau malware. Menurut model layanannya sendiri terdapat 3 jenis cloud storage yaitu:

  1. Public cloud storage

Model layanan yang cocok untuk menyimpan data-data yang kurang terstruktur atau bukan prioritas. Model ini relatif lebih murah karena data akan disimpan dalam data center yang tergabung dengan pengguna atau perusahaan lain.

  1. Private cloud storage

Model layanan yang meyediakan server khusus atau dedicated server untuk satu entitas saja sesuai permintaan. Model ini biasa digunakan oleh pengguna atau perusahaan yang ingin mengontrol data-data dan penyimpanan mereka secara mandiri dan biayanya biasanya paling mahal di antara model lain. 

  1. Hybrid cloud storage

Model layanan ini memungkinkan pengguna memilih untuk menyimpan data-data yang kurang diprioritaskan di public cloud dan data-data penting di private cloud. Biaya model penyimpanan ini tentu lebih mahal dari public storage tetapi lebih murah dari private storage.

Saat ini banyak sekali layanan cloud storage yang mengadopsi ketiga model tersebut dan ditawarkan melalui internet. Beberapa diantaranya yang populer seperti Google Drive, iCloud, One Drive, dan Dropbox. 

Manfaat Menggunakan Cloud Storage

  1. Penyimpanan dan akses data lebih efektif dan aman

Dengan cloud storage, kamu bisa menyimpan berbagai data dari mulai data personal hingga data penting perusahaan yang bisa kamu akses dimanapun dan kapanpun bahkan dengan device yang berbeda. Tidak perlu lagi menggunakan perangkat offline seperti flashdisk atau hardisk yang membutuhkan proses lebih lama untuk mengakses data serta rentan terkena virus akibat perpindahan dari satu perangkat ke perangkat lain. 

  1. Pemindahan dan berbagi akses data lebih mudah

Selain menyimpan data, cloud storage juga memberikan kemudahan untuk berbagi data dengan kolega atau siapapun. Kamu dapat memiliki file kolaborasi atau membagikan data kepada pengguna lain sehingga proses pemindahan data lebih cepat dan pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya seperti Google Drive yang memiliki fitur berbagi data hanya dengan menambahkan email pengguna lain.

  1. Privasi lebih terjaga

Cloud storage juga menjamin privasi pengguna dengan akses yang menggunakan sistem pembuatan akun. Sehingga pengguna harus log in dengan username dan password yang telah dibuat untuk mengakses kembali data yang telah disimpan. Data akan aman selama pengguna tidak membagikan username dan password ke orang lain.

  1. Hemat biaya

Kelebihan lain dari cloud storage tentunya biaya yang lebih murah. Kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan lebih besar dengan harga di bawah biaya membeli flashdisk berukuran serupa dan perawatannya. 

Meskipun begitu, tentu terdapat beberapa kekurangan dari cloud storage yang bisa dipertimbangkan seperti risiko pembajakan oleh hacker dan permasalahan teknis seperti internet dan lupa username atau password yang akan cukup memakan waktu untuk mengatasinya. 

Beberapa layanan cloud storage saat ini juga diakomodir oleh berbagai brand smartphone. Untuk kamu yang handphone-nya belum memiliki layanan cloud storage bisa segera kunjungi Laku6 Marketplace di Tokopedia, Shopee dan Website Beli Laku6, ada banyak pilihan yang pastinya dibandrol dengan harga yang lebih hemat. Kamu juga bisa mencari tambahan dana dengan jual handphone lama kamu di maujual.com!

Oleh: Annisa Putri Nindya

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. Newsphere by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari Maujual - Blog

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca