Jual HP bekas sebenarnya lebih menguntungkan untuk si penjual dan juga lingkungan

2 min read

Dalam kehidupan modern saat ini, hampir setiap orang memiliki HP. Namun, teknologi terus berkembang dan setiap tahun, produsen HP berlomba-lomba untuk meluncurkan model-model baru yang pastinya lebih canggih dan lebih mahal. 

Karena alasan ini, banyak orang memilih untuk meng-upgrade HP mereka setiap model terbaru keluar. Menurut hasil riset dari Licorice di tahun 2020, rata-rata orang Indonesia meng-upgrade HP mereka dalam jangkan waktu 6 bulan – 1 tahun. Waktunya singkat banget! 

Walaupun pastinya keinginan untuk menjual HP sangat tinggi ketika model yang baru keluar, tapi kita harus memikirkan HP lama kita juga loh. Jangan sampai HP lama yang kita punya numpuk dan ujung-ujungnya jadi sampah. Ngurangin sampah biasanya jadi alasan utama orang menjual HP mereka, tapi kamu tau ga sih kalau ada macam-macam alasan kenapa jual HP kamu adalah solusi terbaik untuk HP lama? Yuk, simak dibawah!

  1. Mendapatkan Uang Tambahan

Salah satu manfaat utama menjual HP bekas adalah uang tambahan yang pastinya kamu dapatkan. Kalau lagi bokek ini bisa banget jadi solusi kamu. Selain HP, gadget-gadget lain juga jadi alternatif yang baik kok. Uang yang kamu dapetin dari penjualan HP lama juga bisa jadi modal untuk beli HP baru. 

  1. Membantu Lingkungan

Ini penting banget! Membuang HP yang sudah tidak terpakai lagi dapat merusak lingkungan karena bahan kimia yang digunakan untuk membuat HP dapat mencemari air dan tanah. Dan di Indonesia, sistem manajemen e-waste kita belum maksimal! Di tahun 2021, ada estimasi sekitar 2 juta ton e-waste yang beredar di Indonesia. Ini paling banyak di Asia Tenggara loh! Dengan menjual HP bekas, kamu membantu mengurangi jumlah sampah elektronik yang dibuang ke tempat pembuangan sampah dan juga membantu lingkungan. Win-win!

  1. Membantu Orang Lain

HP bekas kamu walau sudah tidak terpakai lagi masih bisa digunakan oleh orang lain. Dengan menjual HP bekas, kamu dapat membantu orang lain yang membutuhkan smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Pastinya kamu sadar ada sekitar 26 juta masyarakat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan di Indonesia. Dampaknya sangat terasa di tingkat literasi teknologi. Dengan adanya HP bekas, kita berkontribusi untuk memberikan akses kepada masyarakat yang membutuhkan. Another win-win! 

Walaupun mungkin jual HP bekas adalah perilaku sangat kecil, tapi dampaknya bisa besar loh. Kalau kamu ada HP bekas yang nganggur, jangan ragu untuk di jual ya!

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. Newsphere by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari Maujual - Blog

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca