RAM dan Perannya dalam Meningkatkan Performa Handphone

2 min read

RAM atau Random Access Memory adalah jenis memori pada smartphone yang berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi-aplikasi yang diperlukan oleh operating system (OS). Sebagai salah satu jenis penyimpanan, RAM bersifat super cepat  bahkan melebihi kecepatan penyimpanan utama handphone yang biasa berisi foto, video, musik dan file lainnya. Karena itu, RAM sangat penting bagi handphone kamu meskipun besarnya tidak sebanyak penyimpanan utama.

Cara RAM Beroperasi pada Handphone

Cara kerja RAM diibaratkan seperti mengambil barang dari kantong celana dan tas ransel. Mengambil barang dari kantong celana pastinya akan lebih cepat dan mudah daripada tas ransel yang mana kamu perlu lebih dari satu kali proses untuk mengeluarkan barang yang kamu inginkan. 

Sama seperti analogi tersebut, RAM membantu kamu mempercepat proses penggunaan berbagai fitur dalam handphone. RAM bekerja dengan menyimpan data yang sedang digunakan oleh aplikasi dan sistem operasi secara langsung. Saat kamu membuka aplikasi dan selesai menggunakannya, RAM akan menyimpan aktivitas terakhirmu dalam aplikasi tersebut jika kamu pindah ke aplikasi lain (kecuali aplikasi ditutup secara paksa atau handphone dimatikan). Sehingga, kamu dapat melanjutkan aktivitas terakhir di aplikasi sebelumnya tanpa perlu mengulang dari awal.

Aktivitas menggunakan beberapa aplikasi atau fitur secara bersamaan ini disebut “multitasking” yang tidak akan bisa dilakukan dengan nyaman dan mudah tanpa adanya RAM. Tanpa RAM, kamu akan memulai dari awal saat membuka aplikasi sebelumnya dan kehilangan jejak aktivitas yang kamu tinggalkan sementara. 

Semakin Besar Semakin Baik

Dengan cara kerja RAM tersebut, maka semakin besar RAM yang handphone kamu miliki maka semakin baik pula performa dan kecepatan dalam memberikan respons terhadap perintah pengguna. Sebaliknya, menggunakan handphone akan sangat memakan waktu terutama jika kamu melakukan multitasking tanpa RAM.

Untuk rekomendasi besar RAM berdasarkan penggunaan sehari-hari, kegiatan seperti browsing, media sosial, dan aplikasi kantor memerlukan RAM sebesar 4GB hingga 6GB untuk memberikan pengalaman yang nyaman. Namun, untuk penggunaan yang lebih intensif, seperti gaming atau multitasking berat, sebaiknya kamu memilih smartphone dengan RAM minimal 8GB.

Setelah penjelasan tentang RAM tadi, apa kamu sudah menentukan RAM yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari? Untuk kamu yang tertarik untuk mengganti handphone dengan RAM lebih besar, Laku6 Marketplace di Tokopedia, Shopee dan Website Beli Laku6 bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa menjual HP lama untuk dana tambahan di maujual.com!

Oleh: Annisa Putri Nindya


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. Newsphere by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari Maujual - Blog

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca